Minggu, 28 Februari 2016

Deskripsi Jaringan Bangunan

A.  TRAFIK YANG MENGALIR PADA JARINGAN PERUSAHAAN
Trafik jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan  alamat jaringan, protokol dan port, Ingress interface, atau klasifikasi lainnya selama masih didukung oleh standard access list atau extended  accses list.
• Standar ACL digunakan untuk memeriksa alamat asal dari paket yang akan dirutekan.
• Extended ACL digunakan lebih spesifik daripada standar ACL yang menyediakan lebih banyak parameter dan argumen.

Keuntungan dari hal ini adalah transparansi traffic dalam perusahaan sehingga perusahaan dapat mengawasi para pekerjanya dalam bekerja. Keuntungan lain adalah mengetahui kecepatan traffic pada sebuah jaringan. Dengan mengetahui hal tersebut maka perusahaan dapat melakukan perubahan pada jaringannya agar performa jaringan tersebut semakin baik.

B. LAN DAN WAN PERUSAHAAN
1. LAN (Lokal Area Network)
Merupakan jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran sampai beberapa kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer atau workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk pemakaian sumber daya bersama serta sarana untuk saling bertukar informasi.

Karakteristik LAN :
1) Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.
2) Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3) Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

2. WAN (Wide Area Network)
WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas. WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai. Terdapat perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN.
Perangkat tersebut adalah :
•Router
Router adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan.
• ATM Switch
Menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN
• Modem (modulator/demodulator).
Modem mengonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengonversi sinyal digital dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima,modem mengonversi sinyal ke format digital kembali.

C. INTRANET DAN EXTRANET
1. INTRANET
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server.
Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
2. EXTRANET
Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

D. APLIKASI-APLIKASI PERUSAHAAN DAN POLA TRAFIK YANG MENGALIR
Cara yang tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen ialah dengan membangun Customer Relationship Management (CRM). Tujuan utama dari CRM ini memang bukan kepuasan konsumen, tapi lebih pada loyalitas konsumen. Konsumen tidak hanya merasa puas sekali dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan, namun akan terus menggunakannya.

E. APLIKASI-APLIKASI & TRAFIK PADA JARINGAN PERUSAHAAN
Salah satu contoh aplikasi pada perusahaan adalah sistem infromasi manajemen online manufacture. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrogramman php dan support menggunakan database apa saja seperti : mysql, sql server, postgresql dan oracle. Software ini ditujukan dan bisa digunakan untuk perusahaan dibidang manufacture.
Kelebihan software ini :
• Simple - users friendly - powerfull - multi platform
• Customize software (jadi sesuai dengan perusahaan anda)
• Laporan menggunakan pdf
• Online internet (akses dimana saja dan kapan saja)
• Menggunakan perhitungan hpp (rata-rata)
• Fasilitas searching lengkap
• Fasilitas sorting asc dan desc lengkap
• Adanya fasilitas export / import di setiap table
• Multi database support

F. PRIORITAS TRAFIK JARINGAN
Pada metode prioritas paket data yang melintasi gateway diberikan prioritas berdasarkan port, alamat IP atau subnet. Prioritas trafik jaringan ada 2, yaitu FIFO dan Prioritas Antrian.
a) FIFO
Teknik antrian FIFO mengacu pada FCFS (First Come First Server), paket data yang pertama datang akan diperoses telebih dahulu. Paket data yang keluar terlebih dahulu di masukkan ke dalam antrian FIFO kemudian dikeluarkan sesuai dengan urutan datangnya.
Pada metode prioritas paket data yang melintasi gateway diberikan prioritas berdasarkan port, alamat IP atau sub net. Jika trafik pada gateway sedang tinggi maka prioritas dengan nilai terendah (nilai paling rendah berarti prioritas tertinggi) akan diproses terlebih dahulu, sedangkan yang lainnya akan di berikan ke antrian atau dibuang. Metode prioritas paling cocok diterapkan pada koneksi internet yang memiliki bandwidth sempit, hanya trafik paling penting saja yang dilewatkan seperti smtp dan pop3.
b) PRIORITAS ANTRIAN
Pada situasi tertentu kadangkala kita harus memutuskan suatu permasalahan dengan memilih salah satu solusi yang perlu dilaksanakan terlebih dahulu dan hal ini disebut prioritas. Pada metode FIFO jika trafik melebihi nilai set maka paket data akan dimasukkan ke antrian, paket data tidak mengalami pembuangan hanya tertunda beberapa saat. Metode FIFO cocok diterapkan pada koneksi internet dengan bandwidth menengah 64kbps, untuk menghindari bootleneck pada jaringan LAN. Paket data jika melebihi batas konfigurasi akan di masukkan ke dalam antrian dan pada saat jaringan LAN tidak sibuk maka paket data dalam antrian akan dikeluarkan.

G. ASAS TELEWORKING DAN VPN
1. TELEWORKING
Teleworking adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh pegawai untuk melakukan pekerjaan dari suatu tempat di luar lokasi unit kerja DJP dan tidak tersambung ke jaringan internal (intranet) DJP dengan menggunakan teknologi komunikasi sehingga mendapatkan tingkatan akses yang sama dengan pada saat bekerja di lokasi kantor (melalui intranet).

Jaringan telekomunikasi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu :
a) Perangkat transmisi
Perangkat transmisi bertugas menyampaikan informasi dari satu tempaat ketempat yang lain (baik dekat, maupun jauh).
b) Perangkat penyambungan (switching)
Perangkat penyambungan bertugas agar pemakai dapat menghubungi pemakai lain sesuai seperti yang diinginkannya.
c) Terminal
Terminal adalah peralatan yang bertugas merubah sinyal informasi asli (suara manusia atau lainnya) menjadi sinyal elektrik atau elektromagetik atau cahaya.

2. VPN (VIRTUAL PRIVATE NETWORK)
VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebutPrivate network
karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

CARA KERJA VPN:
Cara kerja  VPN ibarat seperti membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunneling (membuat terowongan). Tunneling adalah suatu cara untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan menggunakan infrastruktur jaringan lain.
Pada dasarnya VPN juga membutuhkan sebuah server sebagai penghubung dan pengatur antar client

FUNGSI UTAMA VPN :
1. Confidentiality (Kerahasiaan)
2.  Data Integrity (Keutuhan Data)
3.  Origin Authentication (Autentikasi Sumber)



0 komentar:

Posting Komentar