Minggu, 28 Februari 2016

Layanan SMTP. POP3, dan IMAP4




1. SMTP

SMTP singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Ini adalah seperangkat pedoman komunikasi yang memungkinkan perangkat lunak untuk mengirimkan email melalui Internet. Kebanyakan perangkat lunak email dirancang untuk menggunakan SMTP untuk tujuan komunikasi ketika mengirim email, dan ini hanya bekerja untuk pesan keluar. Ketika orang menyiapkan program email mereka, mereka biasanya akan harus memberikan alamat SMTP server penyedia layanan Internet mereka untuk surat keluar. Ada dua protokol lain – POP3 dan IMAP – yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan email.

SMTP menyediakan satu set kode yang menyederhanakan komunikasi pesan email antara server. Ini semacam singkatan yang memungkinkan server untuk memecah berbagai bagian pesan ke kategori server lain bisa mengerti. Setiap pesan email memiliki pengirim, penerima – atau kadang-kadang beberapa penerima – tubuh pesan, dan biasanya judul pos. Dari perspektif pengguna, ketika mereka menulis pesan email, mereka melihat antarmuka licin perangkat lunak email mereka, tetapi begitu pesan yang keluar di Internet, semuanya berubah menjadi string teks. Teks ini dipisahkan oleh kata-kata kode atau nomor yang mengidentifikasi tujuan setiap bagian. SMTP memberikan kode-kode, dan perangkat lunak server email ini dirancang untuk memahami apa yang mereka maksud.

Tujuan lain dari SMTP adalah untuk mengatur aturan komunikasi antara server. Sebagai contoh, server memiliki cara untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan mengumumkan jenis komunikasi mereka mencoba untuk melakukan. Ada juga cara untuk menangani error, termasuk hal-hal umum seperti alamat email yang salah. Dalam sebuah transaksi SMTP khas, server akan mengidentifikasikan diri, dan mengumumkan jenis operasi mereka berusaha untuk melakukan. Server lain akan kuasa operasi, dan pesan akan dikirim. Jika alamat penerima salah, atau jika ada beberapa masalah lain, server penerima dapat membalas dengan pesan error dari beberapa jenis.


2. POP3

Kemampuan untuk menyediakan layanan e-mail kepada klien meliputi dua fungsi penting: SMTP dan POP3. Bersama-sama, mereka menyediakan sarana untuk klien untuk mengirim surat keluar dan memeriksa surat masuk yang baru, masing-masing.
Layanan POP3 adalah sisi e-mail yang memungkinkan klien untuk memeriksa pesan masuk yang baru dikirim ke account e-mail POP3 mereka. Server POP3 melakukan dua fungsi dasar tetapi penting. Pertama, mengotentikasi, atau memverifikasi, identitas mereka yang mencoba untuk mengakses account POP3 tertentu dalam bentuk login dan password. Kedua, memungkinkan klien untuk mendownload e-mail baru yang mungkin mereka miliki di account POP3 mereka (s).
Pikirkan dari server POP3 dalam hal kantor pos setempat. Sama seperti snail mail, e-mail akan diarahkan dengan cara yang sama. Akses ke mail memerlukan otentikasi, baik dalam bentuk kunci dan kunci atau login dan password. Setelah otentikasi diverifikasi, seseorang bisa mendapatkan setiap email yang mungkin ada (di PO Box atau account POP3).
Akhirnya, Anda perlu mengkonfigurasi klien e-mail Anda sehingga tahu apa server POP3 untuk memeriksa e-mail baru. Ini "alamat" mirip dengan alamat yang unik Anda akan pergi ke memeriksa surat di kantor pos setempat. Tombol yang sama tidak akan bekerja untuk jumlah kotak yang sama di kota yang berbeda, seperti login dan password yang sama tidak akan bekerja untuk account POP3 yang sama pada server POP3 yang berbeda.
Untuk mengakses server POP3 yang benar, mengkonfigurasi klien e-mail Anda untuk mengakses POP3 (Incoming Mail) Server: mail.yourdomain.com.



3. IMAP4

Program e-mail yang menggunakan IMAP4 lebih fleksibel dan biasanya menawarkan lebih banyak fitur daripada program e-mail yang menggunakan POP3. Secara default, bila program e-mail IMAP4 men-download pesan e-mail ke komputer, salinan pesan yang di-download akan tetap berada di server. Karena salinan e-mail disimpan di server, Anda dapat mengakses pesan yang sama dari beberapa komputer. Dengan e-mail IMAP4, Anda dapat mengakses dan membuat beberapa folder e-mail di server. Setelah itu, Anda dapat mengakses pesan apapun di folder pada server dari komputer di beberapa lokasi.
Misalnya, sebagian besar program e-mail IMAP4 dapat diatur agar menyimpan salinan item terkirim di server sehingga Anda dapat melihat item terkirim dari komputer lain. IMAP4 mendukung fitur tambahan yang tidak didukung oleh sebagian besar program POP3. Misalnya, program IMAP4 tertentu menyertakan fitur yang hanya dapat digunakan untuk melihat header pesan di server (pengirim pesan dan subjek), lalu hanya men-download pesan yang akan dibaca. IMAP4 juga mendukung akses folder publik.

0 komentar:

Posting Komentar